Gambaran Umum Desa Dawan Klod

  • Dibaca: 1795 Pengunjung

Desa Dawan Klod memiliki luas 430 Ha dengan jumlah penduduk 2.750 jiwa yang terbagi dalam 649 KK yang seluruhnya beragama Hindu. Mengingat hal tersebut sudah tentu banyak keterbatasan yang dapat menghambat penyelenggaraan pembangunan desa, penyelenggaraan pemerinntah desa terutama dalam penggalian potensi desa untuk mengoptimalkan pendapatan asli desa guna kelangsungan pembangunan desa. Jika tanpa dukungan dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten serta partisipasi masyarakat maka mustahil penyelenggaraan pembangunan maupun pemerintahan desa dapat berjalan dengan lancar.

Di dalam pelaksanaan pelayanan terhadap masyarakat serta menggali potensi sumber daya untuk kesejahteraan masyarakat terkait dengan tata laksana rumah tangga desa maka banyak hambatan-hambatan yang perlu dicarikan solusinya. Selain hambatan yang dihadapi juga banyak keberhasilan dan kemajuan yang telah dicapai dalam pelaksanaan pembangunan di Desa Dawan Klod.

 

1. Keadaan Geografi

Desa Dawan Klod termasuk wilayan Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung Propinsi Bali. Desa ini termasuk daerah dataran rendah dengan ketinggian 15 mdari permukaan laut, dengan batas-batas sebagai berikut :

* Di Sebelah Utara    : Desa Dawan Kaler

* Di Sebelah Timur    :Desa Pesinggahan

* Di Sebelah Selatan  : Desa Kusamba

* Di Sebelah Barat    : Desa Gunaksa

Serta mempunyai luas wilayah 430Ha.

          Menurut penggunaannya luas wilayah Desa Dawan Klod terdiri dari 3,48% lahan perumahan dan pekarangan, 44,88% lahan sawah, 0,23% lahan kering, 0,40% lahan fasilitas umum, dan 51,16% lahan tegalan.

 

a. Pemerintahan dan sarananya

          Secara administrasi Desa Dawan Klod terdiri dari 4Banjar Dinas, dan 5BanjarAdat. Dalam usaha untuk memajukan perekonomian di wilayah ini telah didukung dengan beberapa sarana seperti : 1buah pasar desa, 1koperasi yang sudah berbadan hukum, 1 buah KUD,1buah LPD, dan kelompok-kelompok simpan pinjam yang lain yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memajukan perekonomian desa.

          Adanya program pembangunan desa diharapkan dapat meningkatkan desa tersebut menjadi lebih maju dan sejahtera.

 

b. Penduduk

          Menurut hasil registrasi jumlah penduduk di Desa Dawan Klod sebanyak649 KK dengan jumlah penduduk2.750jiwa terdiri dari laki-laki sebanyak 1.376orang dan perempuan sebanyak 1.374orang, dengan penyebaran yang tidak merata.

          Sumber mata pencaharian penduduk di Desa Dawan Klod beraneka ragam diantaranya terdiri dari : angkutan dan komunikasi, perbankan dan lembaga keuangan lainnya, pemerintahan/jasa-jasa, pertanian, perdagangan, dan industri. Dari semua itu yang paling banyak adalah pertanian dalam arti luas.

Secara terperinci dapat kita lihat pada tabel sebagai berikut :

No

Jenis Pekerjaan

Jumlah

1

Petani

60 orang

2

Buruh Tani

80 orang

3

Buruh Migran

5 orang

4

Pegawai Negeri Sipil

65 orang

5

Pengrajin Industri Rumah Tangga

1 orang

6

Pedagang Keliling

3 orang

7

Peternak

62 orang

8

Montir

7 orang

9

Pembantu Rumah Tangga

60 orang

10

TNI

4 orang

11

Polri

13 orang

12

Pensiunan PNS/TNI/Polri

12 orang

13

Pengusaha Kecil dan Menengah

26 orang

14

Karyawan Perusahaan Swasta

60 orang

15

Karyawan Perusahaan Pemerintah

22 orang

 

TOTAL

485 orang

 

2. Pendidikan dan Sosial Budaya

          Sarana pendidikan yang ada di Desa Dawan Klod terdiri dari : 1 buah TKdan PAUD, 2buah SD, dan 1buah SMP Negeri.

          Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas dan prestasi sekolah harus diimbangi dengan penyediaan sarana dan prasarana yang memadai sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan bisa tercapai sesuai dengan harapan.

          Mengenai tingkat pendidikan tertinggi yang ditamatkan oleh penduduk, sebagian besar penduduk telah tamat SMP.

 

3. Kesehatan dan Keluarga Berencana

          Sarana kesehatan yang ada 1buah Puskesmas Pembantu, 1 buah Poskesdes, dan 4 buah Posyandu. Disamping tersedianya sarana–sarana tersebut, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat juga harus ditunjang dengan adanya tenaga kesehatan yang cukup.

          Bila dilihat dari penggunaan alat kontrasepsi, masyarakat di Desa Dawan Klod lebih banyak menggunakan IUD disamping alat kontrasepsi lain.

 

4. Peradilan

          Selama tahun 2014 Desa Dawan Klod termasuk kategori yang nihil adanya kasus-kasus dan pelanggaran hukum.

 

5. Agama

          Sesuai dengan falsafah Negara, pelayanan kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa senantiasa dikembangkan dan ditingkatkan untuk membina kehidupan masyarakat dan sekaligus mengatasi berbagai masalah social budaya yang mungkin dapat menghambat kemajuan bangsa. Bila dilihat dari jumlah penduduk, semuanya memeluk AgamaHindu.

 

6. Pertanian

            Pengumpulan luas panen dari masing-masing jenis tanaman dilaksanakan setiap sub round, dalam satu tahun terdiri dari tiga sub round, yaitu sub round I (Januari – April), sub round II (Mei - Agustus), sub round III (September – Desember).

            Produksi tanaman pertanian dalam tahun 2014 meliputi : padi sawah mencapai 2.230,8ton, tanaman jagung mencapai 65ton, kedelai mencapai 210 ton, kacang tanah mencapai 12,2 ton, dan timun mencapai 147,6 ton.

 

7. Perkebunan

            Pada tahun 2014tanaman perkebunan yang banyak diusahakan oleh petani di wilayah Desa Dawan Klod antara lain : kelapa, coklat, mangga, rambutan, belimbing, sawo, duku, pisang, nangka, sirsak, dan jambu klutuk.

            Luas areal perkebunan kelapa pada tahun 2014seluas 76hektar dengan jumlah produksi mencapai 842,08ton.

            Sedangkan untuk tanaman coklat produksi tahun 2014mencapai 20,118ton dengan luas areal 2,10 hektar.

 

8. Peternakan

            Jenis populasi ternak yang ada didesaini dalam tahun 2014 meliputi : sapi sebanyak 577 ekor, babi sebanyak 381 ekor, ayam kampung sebanyak 2.510ekor, ayam boiler sebanyak 43.000 ekor, bebek sebanyak 1.818 ekor, dan kambing sebanyak 28 ekor.

 

9. Perikanan

            Desa Dawan Klod hanya ada satu unit kolam ikan tawar berupa ikan lele yang ada dan dimiliki kelompok Sistem Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI).

 

10. Industri, Penggalian dan Jasa-Jasa

a. Industri      

                 Sektor industri di Desa Dawan Klod berupa industri kecil dan kerajinan rumah tangga. Jenis industri kecil dan kerajinan rumah tangga yang berkembang di wilayah ini adalah industri makanan ringan,kue-kue kering,tekstil dan lainnyayang menyerap tenaga kerja ibu-ibu rumah tangga dan remaja-remaja putus sekolah.

 

b. Penggalian

                 Sektor penggalian di wilayah ini tidak ada karena memang wilayah desa ini tidak memiliki areal galian c.

 

c. Jasa-jasa

                 Usaha jasa yang berkembang di wilayah ini cukup beraneka ragam seperti : usaha jasa pijat/urut, cuci kendaraan, reparasi elektronik, tukang las listrik, tukang strum accu, tukang jahit, tukang cukur, salon kecantikan, bengkel,tukang las/patri, dan jasa lainnya.

 

11. Perhubungan dan Komunikasi

Pada era globalisasi seperti saat ini, peranan informasi menjadi sangat penting. Untuk bisa menyampaikan informasi dibutuhkan sarana komunikasiyang memeadai seperti saluran telepon, internet, dan handphone, serta sarana perhubungan terutama angkutan daratmerupakan sarana perhubungan yang paling penting bagi Desa Dawan Klod.

 

12. Keuangan

            Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES)Desa Dawan Klodtahun 2014, meningkat signifikan. Hal ini disebabkan adanya tambahan pendapatan yang diperoleh dari pendapatan asli desa dan dana perimbangan dari Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Provinsi.

  • Dibaca: 1795 Pengunjung