Arti Lambang Desa Dawan Klod

  • Dibaca: 2057 Pengunjung

 

1.    Lambang berbentuk segi lima, dimana kelima sudut itu memberikan arti bahwa setiap gerak dan langkah berpedoman pada Pancasila dan garis segi lima sama sisi memberikan arti bahwa kelima sila tersebut mempunyai hubungan yang sangat erat sebagai cerminan hubungan yang harmonis antar Pemerintah Desa dan masyarakat.

2.    Bintang Emassebagai lambang Ketuhanan Yang Maha Esa bermakna ketaqwaan masyarakat yang sangat tinggi dan kehidupan beragama yang teguh.

3.    Kerangadalah benda yang sangat dikeramatkan dan disakralkan oleh masyarakat Desa Dawan Klod yang melambangkan suara dimana masyarakat Desa Dawan Klod melaksanakan upacara keagamaan benda tersebut dibawa dan dibunyikan keliling desa.

4.    Sayapmelambangkan sesuai dengan kondisi geografis Desa Dawan Klod yang terletak di antara dua bukit yaitu di sebelah Barat Bukit Buluh dan di Sebelah Timur Bukit Lampah.

5.    Terataimelambangkan kebesaran Siwa yang berarti bahwa Sang Hyang Siwa memberikan ajaran agama bagi umat beragama Hindu di Desa Dawan Klod.

6.    Padi dan Kapasmelambangkan kesuburan dan hasil pertanian yang melimpah serta tercapainya kemakmuran bagi masyarakat.

7.    Pita Putihmelambangkan ketulusan dan semangat masyarakat untuk bersatu padu melaksanakan pembangunan.

  • Dibaca: 2057 Pengunjung