Visi & Misi Desa Dawan Klod

  • Dibaca: 687 Pengunjung

1. Visi

Setiap organisasi atau lembaga dalam rangka mencapai tujuan tentu harus mempunyai visi yaitu pandangan ke depan yang bersifat harapan ideal melalui program–programnya dapat dilaksanakan dengan terarah, sehingga organisasi akan tetap eksis, antisipatif dan produktif. Penetapan Visi Organisasi diperlukan untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi Organisasi. Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategis, merupakan suatu langkah penting dalam perjalanan suatu organisasi.

Visi tidak hanya penting pada waktu mulai berkarya, tetapi juga pada kehidupan organisasi itu selanjutnya. Di dalam kontekskehidupan bernegara visi memainkan peranan yang menentukan dalam dinamika perubahan lingkungan, sehingga pemerintah pada umumnya dan instansi pemerintahan pada khususnya dapat bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik.

Visi adalah cara pandang jauh kedepan, kemana instansi pemerintahan harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif. Visi yang tepat bagi masa depan suatu pemerintahan akan mampu menjadi akselator kegiatan instansi tersebut. Untuk merumuskan visi yang baik, dilakukan proses yang dimulai dari setiap individu dalam suatu organisasi dimana mereka bekerja. Dari visi individu agar muncul visi bersama yang biasa disebut Shared Vision, yang merupakan gambaran visi yang dibawa oleh orang-orang dalam suatu organisasi. Visi bersama yang berakar dari visi individu akan memunculkan energy dan komitmen dari anggota organisasi.

Berdasarkan uraian tersebut Desa Dawan Klod mempunyai Visi “Menuju Desa Dawan Klod yang Religius, Sejahtera, Adil, Makmur, Santhi lan Jagaditha”.

 

2. Misi

Untuk mewujudkan visi tersebut perlu dibuat suatu misi yang jelas. Misi merupakan pernyataan yang spesifik yang menetapkan tujuan instansi pemerintah/organisasi serta sasaran yang ingin dicapai dengan menawarkan keunggulan-keunggulan seperti meningkatkan efisiensi, hasil yang lebih baik, inovasi dan fleksibilitas serta meningkatkan gairah/semangat bagi pimpinan dan seluruh staf unit kerja. Pernyataan misi membawa organisasi pada suatu fokus, misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya. Misi adalah suatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi/ pemerintah agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Sejalan dengan visi tersebut diatas maka Kantor Perbekel Desa Dawan Klod, menetapkan misi yaitu sebagai berikut :

1.    Menciptakan dan meningkatkan kehidupan beragama.

2.    Mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkualitas, rukun dan damai.

3.    Menciptakan lingkungan desa yang bersih, indah dan nyaman.

4.    Menetapkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan transparan.

5.    Mewujudkan pengembangan usaha ekonomi produktif sesuai dengan potensi desa.

  • Dibaca: 687 Pengunjung