Desa Dawan Klod Wakili Bali Lomba PHBS Tingkat Nasional

Komang Agus Triopa Berita Desa

Senin, 29/4/2019

Telah dilaksanakannya lomba PHBS tingkat nasional yang diwakili oleh Desa Dawan Klod, yang di hadiri oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta didampingi TP. PKK Kabupaten Klungkung Ny. Ayu Suwirta, Wakil Ketua 1 TP. PKK Kabupaten Klungkung Ny. Sri Kasta, Wakil Ketua 3 Ny. Mariati Winastra dan TP. PKK Desa Dawan Klod beserta seluruh stakeholder di lingkungan Desa Dawan Klod menyambut Tim Perifikasi Lapangan Penilai Lomba Pelaksanaan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tingkat Nasional Tahun 2019, di Balai Banjar Tengah Desa Dawan Klod, Kecamatan Dawan, Klungkung.

Tim Perifikasi Lapangan PHBS dipimpin langsung Ketua Tim Penilai, H. Bambang Purwanto dengan kriteria penilaian meliputi, persalinan ditolong tenaga kesehatan, memberi bayi ASI ekslusif, menimbang balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, mengkonsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik, serta tidak merokok didalam rumah.

Dalam Laporan TP-PKK Desa Dawan Kelod Ny. Komang Sri Widiantari mengatakan, persiapan untuk mewakili Bali dalam lomba tersebut sudah melakukan gebrakan inovasi yang sudah dilaksanakan seperti sosialisasi PHBS Tatanan Rumah tangga, penyuluhan/penyebarluasan informasi tentang PHBS, Gotong royong setiap bulan sekali dengan inovasi GABERDES (Gerakan Bersih Desa), perarem tentang larangan menyediakan rokok pada saat upacara Adat serta klinik PHBS, Konseling berhenti merokok, Mata Sabu (Makanan Teratur Sayur dan Buah Setiap Hari), serta Penanaman Tanaman Penghalau Nyamuk dan Pemeliharaan Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
Dari hasil inovasi tersebut dapat di capai persentase PHBS untuk di Desa Dawan Klod yakni, tercapainya cakupan Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan sebesar 100%, Persentase bayi yang diberi ASI saja sejak lahir sampai berusia 6 bulan (ASI Ekslusif) sebesar 85,89%, Persentase rumah tangga yang memiliki balita yang ditimbang setiap bulan 98,71%, Persentase rumah tangga yang menggunakan air bersih 100%, Persentase rumah tangga yang mencuci tangan dengan air bersih dan sabun 100%, Persentase rumah tangga yang menggunakan jamban sehat 100%, Memberantas jentik 98.21%, Persentase rumah tangga makan sayur dan buah setiap hari 100 %, Persentase rumah tangga yang melakukan aktivitas fisik setiap hari sebesar 100%, Persentase rumah tangga yang tidak merokok sebesar 98.21%.
"Dari 10 Indikator PHBS maka rumah tangga yang ber-PHBS di Desa Dawan Klod tahun 2018 sebesar 98,21%. Hari ini kami siap untuk dinilai" Ujar Ny. Komang Sri Widiantari serta
Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua 4 TP-PKK Provinsi Bali Satya Narada, Camat Dawan AA Putra Wedana, Organinasi Perangkat Daeah (OPD), Perbekel Se-Kecamatan Dawan dan undangan lainnya.

 

ttd

tim dokumentasi desa dawan klod

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini. Gunakan bahasa yang santun dan komentar baru terbit setelah disetujui Admin.

CAPTCHA Image
[ Ganti Gambar ]
Isikan kode di gambar

Pengaduan Online

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Aparatur Desa

Info Media Sosial

FacebookYouTubeInstagram

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Komentar Terkini